Kamis, 26 September 2013

Peran Masyarakat Sangat Penting Dalam Pemberantasan Narkoba

DSC_0014
KARIMUN-Keprisatu.com-Kegiatan Kampaye anti Narkoba dan HIV/AIDS yang dilaksanakan di Balai Sri gading Tanjungbatu Kecamatan Kundur, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, H.TS Arief Fadillah. Seperti diketahui, kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Narkonitka Nasional (BNN), Kabupaten Karimun.
Badan Narkotika Nasional (BNN) Karimun menggelar lomba cerdas cermat dan pidato penyuluhan untuk pelajar SMP sederajat, SMA Sederaja, guru dan kader posyandu. Kegiatan penyuluhan telah dilaksanakan di sekolah-sekolah sejak hari Senin-Rabu (23-25/9/2013) kemarin. Dan kegiatan cerdas cermat dilaksanakan pada hari kamis-sabtu (26-28/9/2013).
Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Karimun H.TS Arief Fadillah, mengatakan bahwa bahaya narkoba saat ini tidak hanya terjadi di kota-kota tetapi juga telah menjangkau ke pedesaan, untuk itu seminar-seminar dan penyuluhan tentang bahaya penggunaan Narkoba seperti yang dilaksanakan BNN Kabupaten Karimun perlu dilakukan terus menerus.
“Saya berharap BNN Kabupaten Karimun secara kontinyu dan gencar terus memerangi narkoba baik melalui seminar, kampanye anti narkoba maupun upaya lainnya, dan hal itu perlu dilakukan secara menyeluruh hingga kepada masyarakat yang ada di pedesaan,” ungkap H.TS Arif Fadillah.
Diakuinya, bahwa persoalan narkoba seperti gunung es yang terus membesar dan mengancam generasi muda, tidak peduli profesi apapun, baik itu nelayan, buruh bangunan, guru, siswa-siswi, mahasiswa bahkan aparatur negara sendiri.
“Narkoba ini terus berkembang secara Kualitas maupun kuantitas untuk itu kita perlu pula memeranginya secara gencar, saat ini menurut data nasional bahwa jumlah pecandu narkoba yang tersebar di seluruh indonesia mencapai 4,4 Juta jiwa yang butuh penanganan serius, sedangkan yang ditangani oleh pusat rehabilitasi baru berjumlah sekitar 18 ribu jiwa,” ujar Arief Fadillah.
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Hj. Sensissiana mengatakan bahwa BNN bersama Aparat Penegak Hukum terus berupaya memerangi penyalahgunaan Narkoba. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan terhadap bahaya narkoba.
“Dengan begitu para remaja bisa menentukan sikapnya seperti apa,” tandasnya.
Dia pun berharap lewat sosialisasi ini para remaja mendapat pengetahuan lebih mendalam terkait bahaya yang akan ditimbulkan lewat pergaulan bebas maupun penggunaan obatobat terlarang. “Peluang terjadi hal itu sangat terbuka, dan dengan langkah antisipasi sejak dini lewat pemberian pengetahuan, maka bisa para remaja untuk mengantisipasi hal tersebut,” imbuhnya.
Namun, permasalah penyalahgunaan Narkoba bukan tugas dari Aparat Penegak Hukum dan Pemerintah semata, akan tetapi peran dari masyarakat, LSM, Ormas dan OKP sangat dibutuhkan. Karena permasalahan narkoba yang sangat kompleks dan sudah mewabah sampai ke masyarakat yang paling bawah perdesan membutuhkan peran serta dari semua pihak untuk memeranginya.
Tanpa keikuti serta seluruh elemen masyarakat maka penyalahgunaan Narkoba sulit untuk diberantas. Maka diharapakan peran seluruh elemen yang diperlukan dalam memberantas penyakit masyarkat tersebut. (Zuren)

0 komentar:

Posting Komentar