Minggu, 29 September 2013

Kemenag Kepri Gelar Workshop Jurnalistik

BINTAN - Keprisatu.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Workshop Jurnalistik yang diikuti para pelaksana humas di lingkungan Kemenag Agama Kepri di Bintan Agro Resort, Jl Trikora, Bintan, Jumat (27/9).  
Kegiatan yang berlangsung 27– 9 September 2013 dibuka Kepala Kanwil Kemenag Kepri yang diwakili oleh Pymt Kabag Tata Usaha Syahjohan Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Kepri H Sukirno mengatakan, dalam upaya meningkatkan pencitraan Kementerian Agama, tidak dapat dilepaskan dari peran para jurnalis yang dilaksanakan oleh para pelaksana humas. 

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir tenaga terampil jurnalistik yang mengusai teknologi informasi sampai lingkungan kerja terkecil”, kata Sukirno.

Para peserta diharapkan memahami teknik penulisan artikel yang baik, memahami bagaimana memanage media informasi sampai mampu menyelesaikan sengketa informasi jika memang dibutuhkan. 

Peserta kegiatan berjumlah 42 orang, diantaraya Kanwil Kemenag Kepri 7 orang, Kan. Kemenag Bintan 7 orang, Kan Kemenag Karimun 6 orang, Kan. Kemenag Lingga 4 orang, Kan. Kemenag Natuna 2 orang, Kan Kemenag Kota Tanjungpinang 6 orang, Kan. Kemenag Kota Batam 8 orang, dan Kan. Kemenag Anambas 2 orang. Juli lalu, mereka mengikuti workshop kehumasan. 

Kepala Kanwil Kemenag Kepri melalui Pymt Kabag Tata Usaha Syahjohan mengatakan, workshop jurnalistik sangat penting. Dirinya berharap peserta mampu melakukan publikasi terhadap Kementerian Agama lebih baik lagi. 

"Banyak kegiatan kita yang menyentuh kebutuhan masyarakat belum terekspos dengan maksimal. Misalnya terkait dengan penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS) yang belum terkekspos, padahal masyarakat berhak tahu dengan apa yang kita kerjakan sehingga ada peningkatan citra lembaga secara sistematis”, kata Syahjohan.

Leiga Mariza, peserta kegiatan dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungbatu mengatakan, dirinya telah mengikuti kegiatan tersebut sebanyak dua kali. Ia sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini terutama dalam mendalami ilmu jurnalistik. 

Narasumber pada kegiatan ini antara lain Ka. Kanwil Kemenag Kepri Handarlin H Umar, Kabid Jaringan Kemenag RI Jakarta Ahmad Gufron, Kepala Litbang Harian Umum Haluan Kepri Fery Heryanto, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau Arifuddin Jalil, dan fotografer professional Tundra Laksamana. (r/HK)

0 komentar:

Posting Komentar