Minggu, 29 September 2013

Anambas Pamerkan Pendeteksi Debit Air

PENDETEKSI AIR - Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Anambas, Nur Adnan Nala (kanan), Anggota Komisi III DPRD Widiyanti, dan kepala BPMD Kabupaten Kepulauan Anambas, Drs Mirwansyah memamerkan alat pendeteksi air di ajang TTG tingkat Nasional ke-XV Tahun 2013 di Kota Padang, Sumbar, Kamis (26/9).ASFANEL/HALUAN KEPRI  Pagelaran TTG di Sumbar

TAREMPA- Keprisatu.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memamerkan alat pendeteksi debit air dalam pagelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke-XV Tahun 2013 yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), 26-30 September. 
TTG tersebut resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kesra, Agung Laksono yang didampingi Menteri Dalam Negeri Gumawan Fauzi dan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, Kamis (26/9) malam.

"Pemkab Anambas membawa teknologi pendeteksi debit air yang dapat digunakan secara sederhana oleh masyarakat. TTG adalah semacam peralatan yang dimanfaatkan masyarakat, yang mampu dibuat dan dibiayai oleh masyarakat. Harga pembuatannya pun relatif murah dan alat itu mampu meningkatkan produksi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala BPMD Pemkab Anambas, Drs Mirwansyah melalui selulernya, Jumat (27/9).

Menurutnya, inovasi TTG yang diunggulkan oleh Anambas pendeteksi debit air dikarenakan air merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan penggunaan alatr ini akan dikembangkan di Anambas mengingat daerah Anambas perlu melakukan penghematan air bersih.

"Kita sengaja memamerkan alat pendeteksi debit air karena banyak masyarakat yang belum bisa melakukan menghemat air. Jika alat ini digunakan, tabung air yang sudah penuh otomatis akan ada bunyi dari alat yang kita gunakan dan masyarakat langsung mematikan kran airnya," ucapnya.

Alat pendeteksi debit air ini, lanjut Mirwansyah tidak ada ubahnya seperti alat pemasak air. jika air sudah matang maka akan timbul suara. Dengan alat ini, masyarakat akan dapat mengurangi pemborosan air bersih.

"Pagelaran TTG mengusung tema dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal melalui pendayagunaan teknologi tepat guna, kita wujudkan kemandirian masyarakat itu dengan harapan masyarakat semakin dapat mandiri dalam mengelola teknolgi dan tepat dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari," katanya.

Hadir juga dalam acara pembukaan pagelaran TTG tersebut, pimpinan DPRD Anambas Nur Adnan Nala, Anggota Komisi III DPRD Anambas Arzam dan Widiyanti serta kepala BPMD Kabupaten Kepulauan Anambas, Drs Mirwansyah. Untuk tahun 2014 Provinsi Kalimantan Timur yang menjadi tuan rumah TTG Nasonal XVI di Samarinda.(nel/HK)

0 komentar:

Posting Komentar